Grafika Komputer…@paan y@h???

Grafika komputer 3D

 

 

 

Contoh grafika komputer 3D

 

Contoh grafika komputer 3D

Grafika komputer 3D (Inggris: 3D Computer graphics) adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real time) untuk keperluan simulasi. Secara umum prinsip yang dipakai adalah mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal: penggunaan algoritma, grafika vektor, model frame kawat (wire frame model), dan grafika rasternya.

Grafika komputer 3D sering disebut sebagai model 3D. Namun, model 3D ini lebih menekankan pada representasi matematis untuk objek 3 dimensi. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2 D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.

IMPLEMENTASI GRAFIKA KOMPUTER BERBASIS VISUAL INTERAKTIF UNTUK GERAK BENDA DAN GELOMBANG PADA FISIKA

   

Keywords: GRAFIKA KOMPUTER, VISUAL INTERAKTIF.
Grafika komputer atau dalam bahasa inggris Computer Graphics dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistic untuk seni, game komputer, foto, dan film animasi.
Dewasa ini, grafika komputer sudah banyak digunakan sebagai materi pendukung dalam berbagai bidang, pada tugas akhir ini penulis menganalisis tentang implementasi grafika komputer dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak berbasis visual interaktif untuk gerak benda dan gelombang pada fisika yang meliputi gerak melingkar, gerak satelit, gerak peluru, gelombang transversal, dan gelombang sinusoida.
Implementasi grafika komputer yang diaplikasikan pada program simulasi berbasis visual interaktif untuk gerak benda dan gelombang pada fisika diharapkan dapat membantu dalam proses belajar, dan mempercepat pemahaman dalam mempelajari tentang gerak benda dan gelombang yang selama ini masih dilakukan dengan cara yang konvensional yaitu dengan gambar dan juga diharapkan dapat meningkatkan daya minat belajar karena cara yang dipakai dalam perangkat lunak ini lebih menarik dengan fasilitas menu yang sederhana..

Grafika komputer

   

 

Pot teh Utah

 

Pot teh Utah

Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

 

Hasil dari rendering

 

Hasil dari rendering

Bagian dari grafika komputer meliputi:

  • Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
 
RENDERING OBJEK TIGA DIMENSI DENGAN TEKNIK DIFFUSE REFLECTION DAN FLAT SHADING

 

Keywords: RENDERING, TEKNIK DIFFUSE REFLECTION, FLAT SHADING.
Dalam dunia nyata, cahaya merupakan kebutuhan yang sangat penting. Tanpa adanya cahaya, maka tidak mungkin suatu benda atau objek dapat terlihat. Suatu benda atau objek dapat terlihat karena memantulkan sebagian atau seluruh cahaya yang mengenainya. Cahaya yang mengenai suatu benda atau objek akan mengakibatkan terbentuknya bayangan dari objek tersebut. Fenomena ini dapat disimulasikan ke dalam teknologi grafika komputer.
Terdapat beberapa model pencahayaan dan bayangan yang dapat disimulasikan pada grafika komputer. Pada pencahayaan antara lain: ambient light, diffuse reflection, specular reflection. Pada bayangan antara lain: flat shading, diffuse shading. phong shading. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan model pencahayaan diffuse reflection dan model bayangan flat shading.
Dalam penelitian ini, penulis telah merancang sebuah perangkat lunak yang mampu mensimulasikan efek pencahayaan. Penulis menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 6.0 untuk merancang perangkat lunak ini. Dalam aplikasinya, terdapat tiga objek yang dikenai cahaya yang berbentuk bola, torus, dan kubus.
Berdasar pengamatan yang dilakukan terhadap perangkat lunak yang telah dibuat, dapat di buat beberapa analisis. Untuk objek bola, rotasi tidak berpengaruh terhadap bentuk bayangan, sedangkan pada objek torus dan kubus berubah-ubah sesuai dengan besar rotasi, terhadap sumbu mana dirotasi, dan posisi sumber cahaya. Semakin tinggi intensitas cahaya, maka sisi objek yang menghadap sumber cahaya akan terlihat semakin terang. Spesifikasi hardware sangat berpengaruh terhadap proses transformasi.

MANIPULASI CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN TEKNIK ALPHA BLENDING

   

Keywords: CITRA DIGITAL, TEKNIK ALPHA BLENDING.
Citra digital merupakan suatu citra yang telah di ubah menjadi file citra dengan format file tertentu. Citra digital tersebut dapat dimanipulasi dengan menggunakan teknik blending. Pengertian blending secara umum adalah pencampuran satu objek dengan objek lainnya melalui perubahan bentuk atau warna. Teknik blending banyak digunakan untuk pencampuran beberapa gambar menjadi suatu gambar baru yang biasanya sulit didapatkan melalui gambar biasa
Ide dasar dari Alpha blending adalah penggunaan image ketiga (Alpha Image) pada proses pencampuran antara potongan gambar (cutout image) dan gambar latar belakang (background image) sehingga background image tetap terlihat walaupun terletak dibalik cutout image. Cutout image ini didapat dengan cara mengambil objek yang di inginkan dari image lain yang telah tersedia. Alpha image mengandung suatu faktor alpha yang digunakan untuk menentukan transparan atau tidaknya image yang di campur tersebut.
Kata kunci : alpha blending, alpha image, edge smoothing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s